Minggu, 07 Februari 2010

Akhlak dalam Pergaulan Remaja

“ Ing jaman edan, luwih beja wong kang eling lan waspada.” [Ronggowarsito]. Atau dalam bahasa Indonesia : Di tengah zaman edan, yang beruntung adalah orang yang selalu ingat dan waspada. Maksudnya ialah ingat bahwa masih ada kelanjutan kehidupan setelah datang kematian. Waspadalah terhadap godaan, yang menerpa kaum remaja. Hal-hal yang harus diwaspadai, antara lain :
1. Suka keluyuran,
2. Bermalas-malasan,
3. Ragu-ragu dan bimbang dalam menjalani kehidupan,
4. Kurang percaya dengan kemampuan dan potensi diri sendiri,
5. Mementingkan bermain dari pada belajar,
6. Bersenda gurau berlebihan,
7. Nonton TV berlebihan,
8. Hura-hura.
Dalam hablumminannas, terutama kaum pemuda harus memiliki pegangan kokoh.
Diantaranya senantiasa mengontrol dan membawa diri dalam semua situasi dan keadaan, mencari kawan yang baik, dan dapat menjadi motivasi untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Mengembangkan sikap tanggung jawab terhadap tugas yang di emban. Mengembagkan kemampuan diri untuk mecapai prestasi dan kematangan diri, sehingga dapat menyongsong masa depan. Tidak mudah larut dalam kesenangan dan pergaulan bebas, sebab kebiasaan ini akan menguras segala tenaga dan menghancurkan masa depan.
Secara faktual aspek yang harus diperhatikan dalam pergaulan remaja, yaitu
1. Mengucapakan dan menjawab salam.
2. Berjabat tangan, hal ini tidak berlaku bagi yang bukan mahramnya.
3. Larangan Khalwah ( berdua-duan ) bagi yang bukan mahram. Hal ini untuk mencegah dari lembah dosa, karena pihak ketiga itu setan.
4. Mencari kawan yang Baik. Mencari teman yang baik merupakan suatu kebenaran dan pengalaman membuktikannya. Seseorang akan baik akhlaknya apabila ia bergaul dengan orang yang baik, begitu pula sebaliknya.
Ada sebuah ungkapan mutiara hikmah yang menarik : “ Janganlahkamu berteman
Dengan pemalas dalam perilakunya, banyak orang shalih yang akhirnya rusak akibat bertemanorang jahat. Menjalarnya orang jahat kepada orang yang baik itu cepat sekali bagaikan padamnya bara api yang diletakkan diatas abu. Sesungguhnya kawan yang jelek, lebih berbahaya dari pad ular yang berbahaya. Sesungguhnya kawan yang jahat dapat menjerumuskan kamu ke jurang neraka Jahim. Maka carilah taman yang shalih, niscaya kamu akan sukses di syurga Na’im.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap mengisikan komentar di sini :