Minggu, 29 November 2009

QUR’AN & HADITS :Keutamaan Menuntut Ilmu

“ Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”
[ QS. Al Mujadalah : 11 ]

“ Barang siapa menginginkan kebahagiaan hidup dunia, maka taklukanlah dengan ilmu. Barang siapa menghendaki kebahagiaan hidup di akhirat, maka rengkuhlah dennagn ilmu. Barang siapa mendambakan keduanya ( kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat ) maka raihlah dengan ilmu.”
[ HR. Bukhari ]

“ Barang siapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah akan membukakan baginya salah satu jalan menuju surga. Sesungguhnya para malaikat benar-benar membentangkan sayapnya untuk menaungi orang yang menuntut ilmu. Sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar akan dimintakan ampun oleh semua penghuni langit dan bumi, bahkan ikan-ikan di samudera. Sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan pada malam purnama atas semua bintang. Sesungguhnya Ulama adalah pewaris Nabi. Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, kecuali mereka hanya mewariskan ilmu. Maka barang siapa mengambilnya, berarti ia telah mengambil bagian yang sempurna.”
[ HR. Abu Dawud ]

“ Tuntutlah ilmu, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza Wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya, dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat.”
[ HR. Ar-Rabii' ]

“ Tuntutlah ilmu dan belajarlah ( untuk ilmu ) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu.”
[HR.Ath-Thabrani]

" Janganlah kalian menuntut ilmu untuk membanggakannya terhadap para ulama dan untuk diperdebatkan di kalangan orang-orang bodoh dan buruk perangainya. Jangan pula menuntut ilmu untuk penampilan dalam majelis (pertemuan atau rapat) dan untuk menarik perhatian orang-orang kepadamu. Barangsiapa seperti itu maka baginya neraka ... neraka.”
[ HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap mengisikan komentar di sini :